1. Air Radiator

Pastikan air radiator mobil dalam kondisi penuh dan air reservoir sampai batas level, nggak perlu terlalu penuh. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.

2. Oli Mesin

Pastikan oli mesin memiliki volume yang cukup. Cara mengecek volume oli mesin yaitu dengan memeriksa level pada stik oli. Level oli harus berada di garis antara tanda L dan F, usahakan sedikit di bawah garis level F. Jika kurang, tambahkan secukupnya. Pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli kamu masih cukup untuk jarak yang akan ditempuh.

3. Rem

Periksa level minyak rem. Jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran. Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik.

4. Saringan Udara

Air filter atau saringan udara sebaiknya dibersihkan sebelum menempuh perjalanan jauh. Pemakaian air filter berpatokan pada jarak tempuh yaitu sekitar 10.000 km.

5. Ban

Cek kondisi ban, secara fisik dan tekanan ban. Tekanan ban mobil normalnya sekitar 30-34 psi.

6. Lampu

Cek secara keseluruhan kondisi lampu mobil. Pastikan semua lampu dapat berfungsi dan menyala dengan normal. Bila ada lampu yang mati, sebaiknya segera diganti.

7. Baterai

Periksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Periksa pula level air aki. Jika kurang, tinggal tambahkan dengan air aki murni.